dosenittelkom
Comments Off on Pelatihan Manajemen Perpustakaan Desa Menggunakan SLiMS
and posted in My writing

Pengabdian masyarakat yang saya lakukan kali ini, dilaksanakan di desa Klapasawit, kabupaten Kebumen. Bersama dengan rekan saya Bp Achmad Rizal Danisya, S.T.,M.T., kami memberikan pelatihan mengenai bagaimana cara mengelola perpustakaan desa dengan menggunakan software aplikasi SLIMS. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 14 November 2016.

Desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, merupakan sebuah desa yang baru memiliki 3 Sekolah Dasar pada tahun 2011, yaitu SD Negeri 1 Klapasawit, SD Negeri 2 Klapasawit dan SD Negeri 3 Klapasawit. Desa tersebut juga memiliki potensi wilayah yang cukup baik, di bidang pertanian, peternakan dan usaha mikro, kecil dan menengah. Dapat dikatakan bahwa hingga saat ini desa Klapasawit sedang dalam proses pengembangan dan peningkatan di berbagai sektor kehidupannya.

Namun demikian, untuk dapat meningkatkan sektor pendidikan masih banyak hal-hal yang kurang diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan kemampuan masyarakat dalam mengelola perpustakaan, dimana perpustakaan sebagai salah satu sarana Pendidikan yang menjadi pusat ilmu pengetahuan dan informasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Perpustakaan Desa yang sudah disediakan dan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah di desa Klapasawit ini perlu dilengkapi dengan sistem manajemen perpustakaan yang tepat, sedemikian hingga pengelolaannya dapat dilakukan dengan baik dan lancar serta lebih menarik perhatian masyarakat terhadap keberadaan perpustakaan ini.

Melalui SLiMS yang digunakan sebagai alat bantu dalam mengatur pengelolaan perpustakaan daerah, penulis bersama rekan memberikan pelatihan SLiMS, kepada masyarakat desa Klapasawit, terutama kepada pengelola perpustakaan desa tersebut sehingga dapat bermanfaat. SLiMS merupakan singkatan dari Senayan Library Management System, yaitu software sistem manajemen perpustakaan (library management system) open source yang dilisensikan di bawah General Public Licence versi 3 (GPL  v3). Aplikasi ini pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional  dan Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan Nasional.

 

 

 

Comments are closed.