dosenittelkom
Comments Off on Pelatihan Microsoft Excel bagi Guru-guru TK Se-Karesidenan Banyumas
Tagged in and posted in My writing

Sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat, kami sebagai tim dosen, yaitu saya, Risa Farrid Christianti, S.T.,M.T., Bp. Ridwan Pandiya, S.Si., M.Sc. dan Ibu Elisa Usada, S.Si.,M.T. memberikan pelatihan software Microsoft Excel bagi guru-guru TK se-Karesidenan Banyumas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal, 29 November 2017, di Laboratorium Aplikasi Komputer, kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, yang dihadiri sekitar 20-an orang guru-guru TK.
Pembukaan dilakukan langsung oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bapak Danny Kurnianto, ST.,M.Eng. Dalam pembukaanya beliau menyampaikan bahwa sinergi antara kampus dengan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam menyebarkan ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan langsung kepada masyarakat. Dalam sambutannya juga beliau menekankan bahwa kerjasama dengan peserta akan dilakukan secara berkelanjutan. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Ridwan Pandiya, S.Si., M.Sc. yaitu mengenai dasar-dasar dalam menggunakan software Microsoft Excel termasuk di dalamnya penyampaian materi fungsi-fungsi sederhana dalam MS. Excel seperti fungsi jumlah, fungsi rata-rata, VLOOKUP, serta fungsi-fungsi lain yang sering digunakan oleh peserta untuk mendukung pekerjaan mereka sebagai guru TK. Materi kemudian dilanjutkan oleh saya dan Ibu Elisa Usada, S.Si., M.Sc. dengan materi yang disampaikan adalah bagaimana membuat formula dalam penentuan nilai siswa. Dengan materi tersebut diharapkan para peserta yang merupakan guru-guru TK dapat dipermudah pekerjaannya.

Secara keseluruhan, antusiasme peserta sangat terlihat sehingga kami bersemangat dalam menyampaikan materi. Beberapa peserta bahkan sangat aktif bertanya perihal materi terutama yang ada hubungannya dengan pekerjaan mereka sebagai guru TK, dan permasalahan yang terkait dengan penyimpanan serta pengolahan data. Pelajaran yang dapat dipetik dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah bahwa mempelajari sesuatu tidak berbatas umur atau usia. Contohnya peserta pengabdian kali ini yang didominasi oleh guru-guru yang berusia di atas 40 tahun akan tetapi masih memiliki semangat dan optimisme dalam belajar mengenai ilmu komputer dan aplikasinya. Harapan kami semoga pengabdian yang sudah kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi para peserta dalam membantu pekerjaan mereka sebagai guru TK.

Comments are closed.