risa
Comments Off on ELECTRONICS IS FUTURE
and posted in My writing

Mengapa elektronika itu masa depan ?

Karena kehidupan manusia jaman sekarang sangat bergantung pada teknologi berbasis elektronika, seperti : AI, Robotik dan IoT, untuk menjalani kehidupannya, sehingga menjadi bagian dari manusia itu sendiri.

Apa Dampak dari Society 5.0… ?

Munculnya era VUCA, yaitu : Volatility (Percepatan), Uncertainty (Ketidakpastian), Complexity (kompleksitas), Ambiguity (Ketidakjelasan).

VUCA harus dihadapi dengan skill dan strategi untuk dapat sukses di Era Society 5.0 ini………

LALU… SAYA HARUS BAGAIMANA …..????

BEKALI DIRIMU DENGAN….10 Skill Wajib untuk SUKSES di Era Society 5.0 (menurut World Economis Forum) :

  1. Complex Problem Solving : Kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks.
  2. Critical Thinking : Kemampuan untuk dapat berpikir kritis. Kemampuan melihat gambaran yang besar dalam suatu masalah, sehingga dapat menemukan akar (sumber) masalahnya.
  3. Creativity : Kemampuan untuk dapat berkreasi, menciptakan cara-cara/hal-hal baru yang berbeda, demi menyelesaikan suatu masalah.
  4. People Management : Kemampuan mengelola, menggerakkan orang, kemampuan berkoordinasi dengan orang lain, untuk mencapai tujuan, visi dan misi bersama.
  5. Coordinating With Others : Kemampuan untuk berkolaborasi, berdiskusi kelompok, serta berorganisasi yang baik, kemampuan menyampaikan ide (gagasan) dan mampu berpikir positif terhadap orang lain.
  6. Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional untuk mengelola diri sendiri dan orang lain. Mampu berinteraksi secara positif, antara satu dengan lainnya. Mampu juga menghargai perbedaan pendapat orang lain.
  7. Judgment & Decision Making : Kemampuan untuk menilai dan mengambil keputusan dengan tepat dan cepat. Terutama jika berada pada kondisi yang cepat berubah, serba sulit dan serba tidak pas.
  8. Service Orientation : Kemampuan untuk berorientasi memberikan pelayanan yang terbaik, pelayanan yang melebihi apa yang diharapkan, kemampuan untuk berempati kepada orang lain.
  9. Negotiation : Kemampuan untuk bernegosiasi, kemampuan untuk meyakinkan orang lain, bahwa apa yang kita sampaikan adalah Win-Win Solution, bukan Win-Loose solution.
  10. Cognitive Flexibility : Kemampuan untuk mudah beradaptasi, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan (hal) baru.

IMPLEMENTASI (PENERAPAN) KETERAMPILAN TERSEBUT SALAH SATUNYA DI DALAM DUNIA KERJA, AGAR SUKSES HIDUP DI ERA INDUSTRY 4.0.

 

Kehidupan manusia jaman sekarang sangat bergantung pada teknologi berbasis elektronika, seperti : AI, Robotik dan IoT, untuk menjalani kehidupannya, dimana elektronik mengendalikan panas dan cahaya yang kita gunakan, memonitor kesehatan, memetakan perjalanan, memainkan musik yang kita dengarkan, serta mengendalikan mobilitas transportasi kita.

Selain itu elektronik juga menghubungkan kita pada keluarga dan teman-teman melintasi dunia melalui internet. Tanpa elektronik, dunia kita serasa terhenti ……..…

Dalam elektronika, kita akan belajar bagaimana menulis kode-kode komputer sehingga menjadi sebuah program, yang akan menggerakkan banyak perangkat digital untuk menjalankan dan memonitor dunia teknologi kita.

Kita akan belajar bagaimana perangkat keras dikendalikan oleh kode, dirancang, disimulasi dan dipabrikasi.

Kita juga akan mengetahui alasan-alasan mengapa elektronika tidak dapat berdiri sendiri,  menciptakan daya komputasi yang makin besar, diintegrasikan dalam prosesor-prosesor yang makin kecil, sedemikian hingga sebuah smartphone lebih cepat, lebih serba guna, dan lebih kuat.

Kita akan melihat sekilas ke masa depan, sebagai kemajuan dalam teknologi nano dan fisika kuantum, penyusutan perangkat-perangkat elektronik secara fisik masih lebih jauh lagi, dan membuatnya bekerja dalam kecepatan yang ……wow….spektakuler……

Kita akan belajar bagaimana mengirim data dan suara tanpa kabel, melalui BTS (Base Transmitter Station), satelit, serat optik, yang dapat mencapai semua bagian bumi dan melampaui jarak yang jauh.

Kita bahkan dapat menghasilkan track-track musik sendiri, dan menambahkan efek-efek digital yang membuat musik kita terdengar unik dan menarik.

Elektronika …..bagian dari dunia sekarang, dimana di dalamnya kita bisa mengejar karir di bidang : Teknologi Informasi, Telekomunikasi, Penyiaran, Perawatan Kesehatan, Perancangan, Industri, Robotika, Seni, Konservasi energi, Agrikultur, Penelitian, Pembiayaan, ….. yang hampir di manapun menggunakan elektronika.

Elektronika adalah masa depan dunia, masa depan kita…..atau lebih jauh lagi…..kita lihat apa yang bakal kita dapetin sebagai seorang sarjana Teknik Elektro……

Prospek Kerja Sarjana Teknik Elektro (Electrical Engineering) :Ahli teknik mekatronik, Ahli robotik, Ahli teknik energi terbarukan, Ahli teknik keamanan produk, Ahli teknik sistem solar energy, Mekanik utama otomotif, Ahli teknik elektronik, Teknisi telekomunikasi, Teknisi radar, Teknisi frekuensi radio & microwave, Teknisi seluler, Ahli keamanan jaringan.

AKHIR KATA ……………

TENTUKAN DAN TETAPKAN LANGKAHMU SAAT INI JUGA, JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU DAN TENAGAMU TUK HAL-HAL YANG TIDAK BERGUNA.

SEKARANGLAH WAKTUNYA KITA BERSIAP DIRI ……

YUK SEMANGAT…..!!!!!

Comments are closed.